UEFA Nations League, Liga Apaan Nih?

UEFA Nations League, Liga Apaan Nih?

UEFA Nations League bisa dibilang sebuah liga khusus di benua Eropa, yang bertujuan untuk membuat atmosfir kompetisi yang lebih serius bagi dunia persepakbolaan Eropa. Tujuan lain dari laga ini adalah untuk mengurangi jumlah laga Friendly Match yang dinilai kurang penting dan tidak memberikan kontribusi peningkatan kualitas sepakbola dari kedua tim yang bertanding.

Dengan adanya UEFA Nations League ini, UEFA bertujuan untuk meningkatkan kualitas tim-tim nasional di Eropa agar bisa bersaing, dan mendapatkan pengalaman terbaik agar berkesempatan untuk bermain di laga-laga yang lebih penting sepertu EURO dan Piala dunia.

Format UEFA Nations League

Format dari laga ini adalah dengan membagi setiap timnas kedalam 4 divisi, Divisi A untuk tim dengan peringkat tinggi, sedangkan Divisi D untuk tim dengan peringkat terendah.

Setiap divisi juga dibagi menjadi maksimal 4 grup, dimana pada setiap grup terdiri dari 4 tim, kecuali divisi D grup B hanya terdapat 3 tim saja.

uefa nations league formats 2020

Setiap tim saling berkompetisi untuk mendapatkan poin disetiap musim. Tim yang juara di tiap Grup Divisi A akan berkesempatan untuk melaju ke laga final, sedangkan tim yang berada pada posisi paling bawah akan didegradadsi ke divisi dibawahnya, begitu juga tim divisi B, tiap juara di grup divisi B akan naik ke divisi A.

Untuk lebih mendapatkan penjelasan yang lebih jelas lagi, anda bisa melihat video resmi dari situs UEFA dibawah ini.

ke 4 Juara grup dari Divisi A, akan melaju ke babak final, dimana Juara 1, dan 2 sudah dipastikan mendapatkan tiket untuk lolos ke babak Final Piala Dunia, sedangkan 3 juara dari 2 grup divisi A, dan tiap divisi berkesempatan untuk melaju ke babak EURO.

Jika tim sudah dipastikan masuk ke babak final EURO maka yang berhak selanjutnya adalah tim di peringkat kedua seperti itu seterusnya. Cukup ribet ya? hal ini memang dibuat untuk memberikan kesempatan bagi setiap negara di Eropa untuk mengirimkan timnasnya ke laga sepakbola yang levelnya lebih tinggi dengan tujuan memperkecil jurang perbedaan di tiap divisi.

Apakah dengan adanya UEFA Nations League ini tidak ada lagi pertandingan persahabatan antar tim? tidak, tetapi jumlah pertandingan persahabatan berkurang drastis karena sudah dilakukan pada ajang ini.

Bagaimana? mudah-mudahan anda menjadi lebih jelas mengenai kompetisi ini..

Facebook Comments

About The Author

Fans Liga Inggris, Maniak Kick and Rush, tapi belum pernah nonton langsung di Stadion Inggris Sono, paling banter nonton bola tarkam.

Related posts