Euro 2020

uefa euro 2020

Euro 2020 adalah ajang sepakbola terbesar benua Eropa yang digelar tiap 4 tahun sekali dimana ajang kali ini tepatnya adalah yang ke 16. Siapa Tuan Rumah Piala Euro 2020? Pada tahun ini Euro diadakan sedikit berbeda, lazimnya diselenggarakan oleh cuma 1 negara saja, melainkan pada 2020 gelanggang ini diselengarakan oleh 12 Negara dan dilangsungkan di 12 kota yang berbeda. Kapan Ajang ini dilangsungkan? Kancah ini diawali tanggal 12 Juni sampai 12 Juli 2020.

Tak ada alokasi kualifikasi otomatis yang dikasih dalam turnamen ini, dan ke-55 regu nasional member UEFA, termasuk 12 regu nasional yang negaranya akan menyelenggarakan perlombaan turnamen final, sepatutnya berlomba dalam babak kualifikasi untuk memperebutkan 24 daerah di turnamen final. Sebab kota tuan rumah dipilih oleh UEFA pada September 2014, sebelum kualifikasi UEFA Euro 2020, regu nasional dari kota tuan rumah mempunyai kemungkinan untuk gagal lolos ke turnamen final. Pengundian untuk kualifikasi UEFA Euro 2020 diadakan pada 2 Desember 2018 di Convention Centre Dublin yang terletak di Dublin, Republik Irlandia.

Babak kualifikasi utama dijadwalkan akan diawali pada Maret 2019, bukan pada September 2018 sesudah Piala Dunia FIFA 2018, dan dijadwalkan akan usai pada November 2019. Wujud kualifikasi konsisten sama, padahal cuma 20 dari 24 daerah untuk turnamen final yang diatur dari babak kualifikasi utama, dan menyisakan empat daerah yang belum diatur. Sesudah Kosovo bergabung ke dalam UEFA pada Mei 2016, UEFA mengumumkan bahwa ke-55 member pada ketika itu akan diundi ke dalam sepuluh grup sesudah fase liga dari Liga Negara UEFA (lima grup berisi lima regu dan lima grup berisi enam regu; empat peserta turnamen final Liga Negara UEFA diberikan keistimewaan berupa pengundian ke dalam grup berisi lima regu), dengan dua regu terbaik dalam tiap grup babak kualifikasi. Babak kualifikasi dijadwalkan akan dilombakan dalam wujud double matchday pada bulan Maret, Juni, September, Oktober, dan November 2019.

Pembagian Stadium Pertandingan
Setiap kota akan menyelenggarakan tiga perlombaan babak grup dan satu perlombaan babak 16 besar atau perempat-final. Jatah perlombaan di 12 stadion yaitu sebagai berikut:

  • Babak grup, babak 16 besar, semi-final, dan final: London (Inggris)
  • Babak grup dan perempat-final: München (Jerman), Baku (Azerbaijan), Sankt-Peterburg (Rusia), Roma (Italia)
  • Babak grup dan babak 16 besar:
    Kopenhagen (Denmark), Bukares (Rumania), Amsterdam (Belanda), Dublin (Republik Irlandia), Bilbao (Spanyol), Budapest (Hongaria), Glasgow (Skotlandia)

Kota tuan rumah dibagi ke dalam enam pasang menurut energi olahraga (segala regu tuan rumah diasumsikan lolos), pertimbangan geografis, dan problem keamanan/politik. Pasangan hal yang demikian dialokasikan ke dalam grup lewat undian acak pada 7 Desember 2017. Tiap-tiap regu negara tuan rumah yang lolos akan menyelenggarakan minimum dua perlombaan sangkar. Pasangan daerah penyelenggaraan perlombaan babak grup yaitu sebagai berikut:

  • Grup A: Roma (Italia) dan Baku (Azerbaijan)
  • Grup B: Sankt-Peterburg (Rusia) dan Kopenhagen (Denmark)
  • Grup C: Amsterdam (Belanda) dan Bukares (Rumania)
  • Grup D: London (Inggris) dan Glasgow (Skotlandia)
  • Grup E: Bilbao (Spanyol) dan Dublin (Republik Irlandia)
  • Grup F: München (Jerman) dan Budapest (Hongaria)

Berita –  Anda bisa mendapatkan semua berita-berita terbaru yang kami kumpulkan untuk anda khusus yang kami update setiap ada berita penting dan terbaru dari ajang sepak bola terbesar di Eropa ini.